Tuesday, January 29, 2019

Solusi Lupa Nomor BPJS: Jangan Kebanyakan Baca Artikel Internet

Jadi di suatu hari yang cerah, petugas administrasi RS. Graha Kedoya menyerahkan nota biaya yang harus saya bayarkan sebesar: Sembilan Ratus Ribu Delapan Ratus Rupiah, untuk pembayaran satu kali visit dokter.

Kok mahal banget sih... Iya sih biaya kesehatan emang mahalnya ampun-ampunan.... Rumah sakitnya juga rumah sakit bagus gitu sih, jadi jelas aja mahal. Dokternya juga dokter spesialis sih... Jadinya mahal.

Emangnya nggak ada asuransi kantor? Ada sih. 

Tapi sayangnya, dokter yang pengen gw kunjungin ga di-cover sama asuransi kantor, karena dokter yang gw kunjungi adalah dokter spesialis kejiwaan, alias psikiater. Gw punya masalah insomnia berat dan puncaknya nggak tidur empat hari sampai pusing banget dan muntah. Jadi akhirnya gw beraniin ke dokter, dan duarr ditembak dengan harga sefantastis itu.

Sembuh sih, tapi hhhhhmmmmmmmhhh... Mehong banget beb ga kuat....

Maka berbekal sharing dari tweet ini:  https://twitter.com/zwolftenaugust/status/993080192691093504?lang=en , gw jadi pengen coba-coba untuk ke poli kejiwaan pakai BPJS. 

Nah cuma masalahnya, BPJS gw tuh nggak jelas aktif apa enggak gitu... Setelah dicari, ternyata kartu BPJS gw hilang. Jadi untuk mendapatkan info bahwa kartu BPJS gw aktif atau nggak, gw harus tau dulu nomor BPJS gw berapa.

Nah sekarang challange-nya, bagaimana mengetahui nomor BPJS kalau kartunya hilang atau kita nggak tau kartunya di mana?

Tentu saja google adalah tempat semua jawaban, nah kalau dari hasil pencarian google yang keluar artikel-artikel seperti ini:

Menurut artikel-artikel tersebut cara termudah adalah dengan:
1. Gunakan kartu BPJS salah satu keluarga anda yang masih ada.
2. Ke kantor BPJS sambil membawa KTP, KK, dan lain lain

Cara tersebut adalah cara paling populer seperti yang ada di artikel ini, artikel ini, atau artikel yang ini.

Tapi sayangnya, gw juga ga punya keterangan/info nomor BPJS anggota keluarga yang lain, karena kartunya juga pada ilang semua! Kelar nggak tuh -_-

Singkat cerita aja deh... Singkat cerita, terjadi drama heboh mencari nomor BPJS semua orang yang hilang sampai nelepon-nelepon ke HRD kantor segala -_-' Tapi entah bagaimana hasilnya nihil, karena ketika nomor BPJS keluarga dimasukkan ke dalam sistem cek BPJS, yang keluar hanya nama satu orang itu saja, nama anggota keluarga yang lain nggak ada! Hwalah dalah!

Google lagi bagaimana cara mencari nomor BPJS yang hilang di internet, tidak ada pencerahan. Seolah mencari melalui nomor BPJS anggota keluarga adalah cara mutlak atau, kalau mau datang ke kantor BPJS yang sesuai alamat di KTP. Opsi terakhir sulitnya minta ampun karena saya tidak mudah mendapatkan cuti, dan pelayanan BPJS belum secepat imigrasi yang mitosnya harus mengantri 2-3 jam untuk menanyakan nomor BPJS saja.


Anda mengalami permasalahan yang sama? Blog ini memberikan solusi yang sebenarnya simpel tapi kita malah nggak kepikiran karena artikel-artikel google mengarahkan kita untuk mencoba cara di atas!

Jadi...

Caranya adalah dengan...

Menelepon customer service BPJS.
Tahukah kalian bahwa BPJS memiliki care center 24 jam, yang bisa dihubungi dengan mudah selayaknya memesan mekdi. Tinggal telepon 1500 400 tanpa 021, lalu pilih untuk disambungkan langsung dengan bagian customer care.

Nggak pakai menunggu lama layaknya menelepon cs JNE, segera kita langsung tersambung dengan CS yang bertugas. Ia hanya butuh mengkonfirmasi nama lengkap sesuai KTP, nomor KTP, dan nama ibu kandung.

Voila! Nomor BPJS akan disebutkan oleh CS beserta masa aktifnya, atau kalau BPJSnya ditanggung perusahaan, ia juga akan menginformasikan nama perusahaan terakhir tempat BPJS kita terdaftar.

Sudah. Begitu saja... Simpel kan.
Semoga membantu 😅😆😆





cari no kartu bpjs, cara mengetahui nomor bpjs ketenagakerjaan yang hilang, cara mengetahui nomor kartu bpjs kesehatan dengan ktp, lupa nomor bpjs, cek nomor bpjs kesehatan dengan ktp, cara mengetahui nomor peserta bpjs kesehatan, cek nomor bpjs kesehatan dengan nik, kartu bpjs hilang, cara mengetahui bpjs kesehatan aktif




No comments:

Post a Comment