Wednesday, June 22, 2016

Main Werewolf di Telegram


Sudah punya Telegram belum? Telegram adalah aplikasi messenger yang mulai naik daun, karena disebut-sebut sebagai aplikasi messenger paling ringan dan memiliki keamanan privasi yang tinggi. Kabarnya, seluruh enskripsi percakapan kita tidak direkam oleh Telegram sehingga tidak memungkinkan pihak ketiga memback-up histori percakapan kita. Tapi itu sih cuma 'katanya', which is gak pernah ada penjelasan beneran aman sampe segitunya atau enggak.


Nah kalo di kantor gw, aplikasi Telegram ini mendadak ramai dipakai karena kita lagi main grup game yang seru: Werewolf. Apa sih game Warewolf?

Werewolf game asli
Werewolf adalah game yang sudah dikenal sejak tahun 90'an dengan tema saling tuduh, sama seperti permainan 'algojo' yang suka dimainkan anak SD angkatan 90'an. Intinya sama, semua orang harus bisa menebak siapa Werewolfnya selagi Werewolf memiliki kesempatan untuk memakan pemain lainnya satu-persatu.

Games aslinya sih katanya menggunakan kartu. Tapi sekarang, Werewolf bisa dimainkan melalui Telegram!

Untuk mulai bermain, kamu bisa membuat group chat kemudian menambahkan moderator Werewolf/@werewolfbot ke dalam grup. Kemudian, masing-masing pemain yang ingin bergabung wajib mengirimkan pesan “/join@werewolfbot” ke @werewolfbot sebagai pesan pribadi (PM). Permainan dimulai ketika ada yang mengetik “/startgame” di grup chat.

Setelah permainan di mulai, setiap peserta akan mendapatkan role/peran mereka masing-masing dari moderator Werewolf. Ini lah peran yang tersedia dalam permainan Werewolf:

Werewolf : Bisa dibilang, ini pemeran utamanya. Kamu memiliki kesempatan untuk membunuh player lain supaya tidak ketahuan.

Villager : Peran kamu simpel aja sih, pokoknya bertahan hidup! Kamu mendapat kesempatan untuk menebak siapa Werewolf setiap ronde tanpa konsekuensi apa-pun.

Seer : Seer artinya peramal. Kamu punya kesempatan untuk mencari tahu peran dari pemain lain di grup, satu pemain setiap satu ronde.

Aprentice Seer: Kalau kamu mendapat peran ini, ability-nya sama dengan Villager. Tapi kalau Seernya terbunuh, kamu otomatis menjadi Seer berikutnya!

Beholder : Kamu memiliki kemampuan untuk mengetahui siapa Seernya.

Harlot : Harlot itu artinya pelacur. Nah sebagaimana perannya, kamu punya kesempatan untuk mencari tau peran dari pemain lain dengan 'mengunjungi' mereka. Hati-hati, bila mengunjungi Werewolf, kamu akan terbunuh. Bila Werewolf memilih untuk membunuh pemain lain yang akan kamu kunjungi, kamu akan ikut mati seperti pemain tersebut.

Drunk : Pemabuk ini hanya villager biasa, tapi bisa jadi racun buat Werewolf! Kenapa? Karena kalau Werewolf tanpa sengaja memilih untuk membunuh peran ini, dia tidak akan bisa membunuh pemain lain di malam berikutnya!

Cursed : Orang yang dikutuk juga hanya villager biasa, tapi kalau dibunuh oleh Werewolf, kamu bisa menjadi Werewolf juga lho!

Traitor : Sebelas dua belas dengan cursed; kalau peran Werewolf sudah terbunuh oleh peran lain, diam-diam kamu menjadi Werewolf!

Guardian Angel : Sebagai malaikat penjaga, kamu bisa memilih satu orang pemain untuk kamu awasi... Hati-hati dia adalah Werewolf!

Detective: Mirip Guardian Angel, kamu bisa memilih pemain lain untuk diawasi. Bedanya, Guardian Angel hanya bisa mengawasi satu orang, Detektif bisa mengawasi beberapa pemain.

Gunner : Kamu diberikan dua kesempatan untuk membunuh pemain lain. Usahakan yang kamu bunuh adalah Werewolf, jangan orang yang tidak bersalah!

Tanner : Tanner itu kalau diartikan adalah orang yang kerjanya menguliti hewan tangkapan, untuk dijadikan karpet/tas (penyamak kulit). Asik kalau jadi Tanner; bila semua orang menuduh kamu, kamu akan menang mutlak dan pemain lainnya kalah.

Fool : Punya kemampuan sama seperti Seer, hanya saja peran pemain lain yang kamu lihat punya kemungkinan 50% tidak benar.

Cultist: Kamu harus bisa menarik semua pemain menjadi Cultist - Kalau Werewolf kalah dan pemain lain semuanya sudah menjadi Cultist, kamu akan menang mutlak.

Cultist Hunter : Nah kalau ini, tugasnya bukan memburu Werewolf, tapi memburu Cultist!

Wild Child : Pada awal game, kamu akan disuruh memilih seorang pemain untuk menjadi panutan kamu (role model). Kalau pemain itu tewas, kamu akan menjadi Werewolf.

Mason : Mason kurang lebih diartikan sebagai perawat. Kemampuanmu adalah mengetahui siapa Mason lainnya. Selain itu, kamu hanya Villager biasa.

Doppelganger : Kamu punya kemampuan untuk menggantikan peran pemain lain yang mati - tentu saja kamu harus memilih siapa yang akan kamu gantikan di awal permainan tanpa mengetahui terlebih dahulu peran mereka!

Cupid : Ini peran paling lucu sebenernya; kamu punya kemampuan untuk menentukan dua orang pemain sebagai pasangan (couple). Pemain yang kamu pilih jadi pasangan tidak akan tau kalau mereka adalah pasangan- sampai mereka berdua mati karena ada salah satu yang mati.

masuk team menang! 
Waah banyak ya perannya! Keliatannya ribet ya, padahal cara mainnya gampang banget. Kalo mau baca lengkapnya bisa nih cek di sini: werewolf.parawuff.com

Yuk main bareng! Add Telegram gw dengan id: herdapr ya!

seo: werewolf, werewolf telegram, wearwolf telegram, wearwolf game, wearwolf games, werewolf game, game telegram, telegram chat, telegram messenger, telgram, main telegram

No comments:

Post a Comment