Friday, November 27, 2015

Menggabungkan PDF Menjadi Satu File PDF


File dengan format PDF sangat dibutuhkan banyak orang, karena terkenal dengan kemampuannya untuk menjaga orisinalitas isi dokumen. Nah langsung aja, gimana ya caranya menggabungkan banyak file PDF menjadi satu? Nih ada beberapa tipsnya, yang gw rangkum dari berbagai sumber :P

1. Pake smallpdf.com
Duh paketan habis
Banyak banget orang yang menyarankan pake smallpdf.com, sebuah website yang menyediakan jasa edit PDF secara online. Gampang kok, tinggal upload file yang mau disatukan, terus klik dan download file yang sudah menjadi satu. 

Tapi kalau boleh jujur, gw gak terlalu sreg sama cara ini, karena di Indonesia kan kita gak bisa selalu online. Gimana kalo wifi kampus mati? Wifi kosan mati? Modem pulsanya habis? Tethering gak rela? Intinya nggak terlalu recommended deh pake cara online.

2.  Jajal Adobe Acrobat XI Pro
Makanya beli yang asli dong, biar keluar opsi begini nih
Ini juga tidak recommended bagi kalian para penyuka gratisan atau penginstall paket microsoft office di Mangga Dua. Sebenarnya, bekerja sama dengan Adobe, Microsoft sudah menyediakan fitur combine di Adobe Acrobat XI. Tapi sayangnya, fitur ini cuma ada di software yang pro alias berbayar! Sedih juga ya.

3. Coba PDF Mate.
All in one, gak cuma combine file doang
Nah, salah satu software edit PDF yang recommended adalah PDFMate. Kamu bisa mengedit, menggabungkan, sampai mengubah PDF menjadi format Word. Pokoknya seru deh! Walaupun agak berat sih downloadnya. Besar softwarenya mencapai 32 MB. Tapi gak masalah kayaknya kalo internet kamu ngebut.

4. Favorit: PDF Binder.
Tinggal klik Bind!
Kalo kamu orangnya fokus cuma mau gabungin PDF doang, nah ini software paling jago. Udah gratis, ringan (besarnya cuma 1.7 MB), terus tegas langsung combine dokumen kamu tanpa tedeng aling-aling. Ga pake online, ga pake Ads.
Thanks to Blogger Argo Satrio yang sudah membagi software berguna ini :')
Mas sudah membantu saya berskripsi dan mencari kerja huffh :')
Untuk software ini, kamu bisa langsung download di sini.

Nah seru kan, banyak cara menuju Roma?
Selamat mencoba, semoga berguna ya infonya! :)

No comments:

Post a Comment