Thursday, December 10, 2015

Pengalaman Pegang T-Cash TAP Seminggu


T-Cash itu apa sih? 
TCASH adalah layanan uang elektronik dari Telkomsel. Digadang-gadang sebagai cara membayar tersimpel, termudah dan tercepat tentunya bikin gw tertarik. Tapi sebenernya dari awal emang tertarik sih, pengen nyoba perbanyak pakai transaksi non-tunai buat belanja-belanja kecil dibawah 50 ribu (hehe). Photobucket

Tapi kalo boleh jujur, Telkomsel kayaknya belom siap buat sok keren-kerenan di Indonesia, bahkan, di skala Jakarta pun mereka tak mampu. Kenapa? Ini nih pengalaman gw seminggu pertama menjajal T-Cash.

Pembuatan
Jadi sekitar tanggal 1 atau 2 Desember, gw memutuskan untuk mencoba uang elektronik Telkomsel ini. Gw dateng ke Grapari Wisma Mulia yang emang deket sama kantor. Datang sekitar jam 11 siang, eh ternyata udah rame aja (banyak masalah kali ya Telkomsel). Berhubung gw pake Halo-Fit, jadilah gw masuk antrian Prioritas (gaya ye) dan alhamdulillah nunggu 5 menit aja langsung dapet giliran ke salah satu CS.

Ternyata gampang banget cara mengaktifkan T-Cash. Cuma tinggal bilang aja mau ngaktifin T-Cash sama CSnya (ya iyalah) terus tanda tangan di form Telkomsel seperti biasa, dan tadaaa nggak sampai 10 menit sudah dikasih sticker T-Cash yang disebut TCash Tap.
T-Cash Tap
Walaupun di video iklan dan semua media promosi lainnya digambarkan bahwa TCash Tap ditempel di handphone, tapi ternyata kata mbaknya sebenernya itu nggak ada hubungannya dan TCash Tap bisa ditempel dimana aja. Fungsi TCash Tap sendiri ternyata sama seperti kartu Flazz atau e-Money Indomaret (sebagai tool pembayaran), dan alasan kenapa ditempel di handphone sebenernya hanya untuk gaya-gayaan doang sih. Belakangan, sering ngeliat anak gaul Wisma Mulia ternyata pada tempel TCash Tap mereka di ID Card karyawan. Ikutan deh hihihi :E

Pengisian Ulang
Sejak pengaktifan TCash, masalah pengisian TCash ini udah bikin gw ngerasa-rasa bad feeling, karena CS Grapari mengatakan saat itu Grapari mereka tidak bisa melakukan pengisian TCash karena sistem lagi down (hah???). Hal serupa terjadi di Grapari Central Park Jakarta Barat, mereka juga mengaku tidak bisa melakukan pengisian saldo TCash di gerai mereka. Dih.Photobucket

Sebenarnya ada beberapa cara mengisi saldo TCASH,
1. Isi di Grapari. Tidak kena potongan bla bla bla alias gratis.
2. Isi di Indomaret. Kena potongan seribu rupiah
3. Isi di ATM Bersama. Kena potongan delapan ribu rupiah

Pengisian saldo belum apa-apa sudah jadi masalah buat gw. Mungkin kurang lebih ini lah list kegagalan top-up saldo TCash gw:
A. Grapari
1. Grapari Wisma Mulia : Tidak bisa. Sistem down.
2. Grapari Central Park : Tidak bisa. Alasan tidak dijelaskan lebih lanjut.
B. Indomaret
1. Indomaret Jl. H Saaba : Tidak bisa. Mbaknya nggak ngerti.
2. Indomaret Jl. Murni : Tidak bisa. Mbaknya nggak ngerti.
3. Indomaret Binus Anggrek : Tidak bisa. Alasan tidak jelas setelah sok ngutak ngatik mesin TCash.
4. Indomaret Pesanggrahan : Tidak bisa. Alasan tidak jelas setelah sok ngutak ngatik mesin TCash.
5. Indomaret Palmerah Utara : Bisa. Cool place alert!!!
C. ATM Bersama
Nggak pernah coba. Males kena potongan 8 rebong.

Pembayaran TCASH TAP
Setelah seminggu (bahkan lebih) berhasil menempelkan TCash Tap, belum pernah sekalipun gw berhasil belanja di merchant mereka. Sekali lagi, kebanyakan Indomaret bilang mereka nggak ngerti lah, sistem nggak bisa lah, yah pokoknya rempong yang intinya mereka belum ngerti TCASH.

Waktu mencoba berbelanja di 711 pakai TCash, malah lebih lucu lagi. Mas kasirnya bilang pembayaran menggunakan TCASH hanya bisa untuk 1 item! Jadi katakan nih, loe beli (1) air mineral, terus (2) slurpee dan (3) teh kotak, elo harus nge-tap TCASHnya 3 kali! Tidak sampai di situ, setelah menjelaskan hal random tadi, dia sibuk ngutak-ngatik mesin TCash dan ternyata hanya berakhir di kalimat: "Wah maaf mbak, belum bisa". Photobucket

Sangat disayangkan padahal Telkomsel juga sedang ngegadang-gadang promo 711 dengan TCash, yaitu harga BigBite hanya IDR 15.000 saja. Tapi sepertinya masnya juga nggak ngerti ada promo ini. Tandanya mereka nggak ngerti adalah: mereka menawarkan 2 promo lain, tetapi promo TCash tidak ditawarkan. 


Jadi Ternyata?
Masih rugi.
Gw gak yakin prospek TCash Tap ini bagus atau enggak karena kurangnya kesiapan semua pihak. Pihak Tsel lah, pihak merchant lah. Semuanya kurang diedukasi mengenai per-TCash-an ini (hufht). 

Tapi ga terlalu nyesel sih. Mayan lah buat kece-kecean aja dan buat nabung. Kan lumayan tuh uang jadi kesimpen, syukur-syukur entar ada saat yang tepat buat TAP pas lagi ada promo yang menguntungkan. 

Ngareeppp... 

Tambahan. 
Spoiler for NGIMPIII AJAAAA DEH:Photobucket

No comments:

Post a Comment