Monday, December 21, 2015

(Terpaksa) Menjajal Advan S35G


Ini semua terjadi karena LG G2 kesayangan gw rusak, gara-gara kesamplok kaki nyokap dari kasur dan pas banget lagi nggak pake case karena belakang hpnya abis dibersihin... Setelah handphone utama rusak (nasib), baru kerasa butuhnya handphone cadangan buat pegangan kalo handphone #1 lagi di bengkelin. Hhh.

Akhirnya, gw niatin cari handphone dengan budget 500 ribu. Pokoknya gak boleh lebih dari 500 ribu. Tapi harus dapet kualitas yang oke-oke aja lah. Gimana caranya ya? Browsing lah.

Ih waw...
Setelah browsing, akhirnya gw menemukan ternyata handphone murah itu ada banyak jenis ya, ada I-Cherry, Mito, Advan dan lain-lain. Setelah memilih, ada juga handphone dengan spesifikasi agak oke dengan harga dibawah 500 ribu. Advan S35G. Berikut kurang lebih spefikasinya:

Jaringan
Dual SIM (GSM/GSM)
Layar
320 x 480 Pixels, 3.5 Inchi, TFT Capacitive Touchscreen
Processor
Single Core 1.0 GHz
RAM
256 MB
Memori
Internal: 512 MB - Eksternal microSD up to 32 GB
OS
Android 4.4 Kitkat
Konektifitas
3G, HSDPA, WIFI, Bluetooth, port microUSB
Kamera
Depan : VGA - Belakang : 2MP
Baterai
Li-Ion 1300 mAh
 sumber: klik di sini.

Lanjut. Jadi hari weekend langsung gw sempetin ke counter hp deket rumah. Lumayan lengkap hp murahnya, dari I-Cherry sampe Nokia murah ada semua. Setelah sight seeing (sok banget ya, padahal counter hapenya cuma 1 lantai ruko), akhirnya gw minta liat si Advan S35G. Emang sejauh ini dibawah 500 ribu ga ada deh spesifikasi kayak doi punya. Jaringan belom sampe 3.5, dan pada ga ada wifinya (Hii).

Inside Package stage
Muka sih kalem tapi dalem hati:
"Kok handphonenya di luar begini???" 
"Mbak, ini nggak ada yang handphonenya masih di dalem gitu?"
"Enggak mbak, memang handphonenya ditaro di luar dari pabrikannya"
#Duhtengsin #Kebiasaanunpackageiphone7
Alhasil gw harus pinter-pinter milih hape mana yang layarnya paling baret-less. Jujur gw agak heran sama pemikiran Advan yang pilih mengemas handphone murahnya macam begini. (Yang beli handphone murah juga manusia, tau!)

Unpackage
Setelah dibuka, ada another wakwaw moment yang bikin gw shocking soda:

Casingnya copot sampe ke speaker depan. Lol.
Lah casing belakangnya.........
Entah gimana jelasinnya, tapi ini seru (hahaha). Lebih seru lagi, ternyata dual sim Advan S35G ini tersedia untuk macro sim (slot 1) dan micro sim (slot 2)! Ini sangat memudahkan untuk orang-orang yang cari bekingan handphone semacam gw! Oke, satu alasan hp ini recommended (*1).

Slot dual sim dan batere Advan S35G.

Hp ini disertai charger dan headset di dalam kemasannya. Bodi handphonenya ringan banget, sampe-sampe rasanya kayak mainan, atau kayak hape dummy yang buat nipu orang di Roxy.

Operating Stage
Pulang ke rumah, mulailah gw ngutak-ngatik handphone ini. Ternyata setting bahasa Advan cuma tersedia dalam bahasa Indonesia! Uhlala... Pusing deh... Usut punya usut, Advan adalah itu produk asli buatan Indonesia lho!. Cinta produk Indonesia!

Tapi... Gw sampe butuh 10 menit untuk cari setting karena tertulis sebagai SETELAN dan bukan PENGATURAN. my bad, sorry (T⌓T)

Dengan RAM sebesar 256 MB, wajarlah dimainin 20 menitan aja punggung gawai ini sudah terasa panas. Padahal gw cuma pake buat menemukan si SETELAN, mainin brightness, cari-cari pengaturan suara dan lihat koleksi wallpapernya. Wallpapernya bagus-bagus! Untuk wallpaper bunga, tampilan warnanya keluar dengan ciamik dan nyaman di mata.

Gimana kalo kita pake buat running aplikasi chat? Advan S35G sudah dilengkapi dengan BBM, jadi nggak perlu repot-repot download lagi. Saat digunakan untuk menyapa beberapa teman, pop up keyboard muncul sedikit lambat, tapi masih dalam batas yang wajar. Sensitifitasnya bagus, kok. Delay mengetik masih dalam batas wajar, sekitar 1-2 detik. Tapi jangan lupa, hp masih dalam kondisi baru dan belum terisi banyak data. Elo nggak bisa mengharapkan kemewahan dong dari RAM sebesar 256MB?

Charging State
Mengecas penuh hanya dalam waktu 30 menitan saja. Bener-bener sesuai bodi kebutuhan energinya (hahaha emangnya orang).

After Taste
Kalo kamu mencari handphone cadangan dengan kemampuan sekenanya, Advan S35G adalah pilihan yang tepat. Mungkin juga tepat untuk handphone bbm olshop. Jelas ya nggak bisa berharap banyak sama kameranya yang hanya sebesar 2MP, tapi dengan adanya fitur WIFI, kamu bisa mengirimkan foto ke hp ini melalui aplikasi chat yang kamu punya (Line, BBM, Whatsapp bisa diinstall karena androidnya sudah KitKat).
Awet-awet ya kamuuu....
Oke sekian dulu, semoga ada manfaatnya nih.
Jangan lupa, dukung terus produk Indonesia ya!

2 comments: