Thursday, April 7, 2016

Ngurus Tilang Di Pengadilan Negeri Jakarta Barat

Jadi ceritanya gw kena tilang nih. Gw kena razia pengendara motor yang bukan operasi simpatik, jadi operasi tidak simpatik a.k.a polisinya maunya elu bayar :')

Berhubung gw ga pernah kena tilang, gw jadi nggak ngerti nih, ngajak damainya gimana? Apa gw harus nyanyi "Perdamaaian, perdamaaaian..." gitu?



Singkat cerita gw nyerah aja deh sama BRIGADIR ANDHIKA yang meminta gw dengan sopan nan halus untuk ditilang aja. Yaa berhubung gw pikir yaudahlah... Ya... Masa iya gw gatau banget ditilang itu kayak apa... Minimal kan gw harus punya cerita buat anak gw kelak (haha), akhirnya gw menyanggupi aja kata Brigadir Andhika dengan kalimat pemungkas "Terserah Bapak aja deh...". Dapet deh slip merah.

tilang, net, 86, pengadilan, jakarta, barat,
Brigadir Andhika sopan banget udah kayak polisi di NET 86 :'')

Dua minggu setelah tilang terjadi, tepatnya tanggal 8 April 2016, gw akhirnya mendatangi Pengadilan Negeri Jakarta Barat, tempat sidang tilang untuk area tilang Jakarta Barat. Sebelum gw berangkat, banyak banget wejangan yang gw dapat dari banyak orang, seperti bokap, nyokap, kakak dan bapak Go-Jek, yang kurang lebih begini:

1. Jangan telat.
2. Jangan pake Calo.
3. Ikut Sidang aja, jangan mau ditakut-takutin polisi calo, yang bilang kalo ikut sidang bayarnya mahal.

Akhirnya bermodal 150 ribu cash di tangan (exclude ongkos Gojek yah hahahaha), akhirnya gw sampai di Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Lokasinya di Slipi, kalo di gps Gojek juga nemu lah pokoknya. So here's what I actually did:

Stage 1. Masuk Gerbang.
Gw masuk gerbang langsung nanya Satpam, Pak, ini ngurus tilang kemana dulu yah? Mending sih daripada sesat di jalan kayak orang-orang yang main masuk eh ternyata salah rute.

Gile udah kayak Farhat Abbas ama Regina mainnya ke pengadilan
Jadi di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, loket tilang adanya di lantai basement, di area parkir mobil. Loket terletak di pojok kiri dari ruangan parkir.

Stage 2. Loket
Sampai di sana, yang ngantri nggak terlalu masif. Kayak depan gw cuma ada 7 orang doang kok, padahal jam sudah menunjukkan pukul 08:47.

Nah di loket itu kita cuma nyerahin slip tilang kita, yang kemudian ditanya:

"Mau sidang atau mau cabut langsung?"

Gw gak nanya sih, tapi untungnya orang di depan gw udah nanya rada bawel jadi gw tinggal dengerin aja. Kurang lebih percakapannya begini:

A: Mau sidang atau mau cabut langsung?

B: Kalau langsung berapa pak?

A: Ini cuma STNK, jadi 100 ribu.

B: Kalau ikut sidang?

A: Ya sama mas bayarnya cuma masnya kan ngantri di atas, ini juga ngantri sudah ada banyak sekali dari pagi.

B: Kalau saya ambil langsung?

A: Ya yasudah ini ditaruh aja (slipnya) nanti mas-nya dipanggil.

Hmmm setelah gw pikir-pikir sebenernya pengen juga sih ngerasain masuk ruang sidang gitu, pengen liat Hakimnya pake wig blonde digulung atau nggak? Tapi dihitung-hitung waktunya, gw mesti ngantor deh, dan duuh... liat antriannya... Males. Lain kali aja kali ya kalo lebih senggang.

Akhirnya gw memilih untuk cabut langsung, walau bayarnya 100 ribu.

Slip Merah, Slip Biru, tilang, polisi, pn jakbar
Serahin deh slip tilangnya di loket.
Stage 3. SIM Keluar.
Segera setelah 2-3 orang di belakang gw naruh slip tilang mereka, tiba-tiba dateng serombongan orang, hampir 20 orang lah, membludak masuk antrian. Denger-denger, mereka supir angkot yang ditilang gara-gara dianggep kelamaan ngetem (yha...).

Loket tilang di PN Jakarta Barat
Lagi seru-seru liatin orang-orang ribut sama salah satu oknum polisi/pengadilan di situ, tiba-tiba nama gw dipanggil.

Kaget juga, sampai gak sempet liat jam. Tapi kayaknya jeda dari gw  naruh slip di loket, gak nyampe 5 menit. Pokoknya gak lama.

Akhirnya gw bayar 100ribu, SIM C gw langsung dikasih dan gw langsung cabut. Ga dapet bukti pembayaran, ga dapet nota kek kuitansi kek apaan kek, bener-bener cuma dapet SIM gw aja. Hmm..... Ya mungkin emang kayak gitu ya.

Tilang
Vhangke SIM nya di staples....
~ ~ ~ ~ ~

Tambahan, keluar-keluar ketemu adek sepupu gw yang ternyata kena tilang juga. Denger-denger, dia ditawarin calo di luar gedung dibantu cepat dengan bayar 150 ribu. Whew, sebenernya mungkin aja gw bisa ketemu temen yang lain yang se-areaa, soalnya emang agak kejam sih razia kemaren, masih di area perkampungan yang orang-orangnya naik motor cuma modal koloran ama nyumpel duit di beha :(

Dipikir-pikir juga, kayaknya sih gw juga kena jebakan calo deh, soalnya bayarnya 100 ribu. Tapi nggak tau juga sih, ya kapan-kapan gw coba deh ikut sidang :D