Tuesday, January 19, 2016

Quick Review: LG Quadbeat 2



Gw mau bikin post singkat aja nih gara-gara mendadak bantalan karet headset gw ilang sebelah. Untungnya gw kan orangnya rapih (ah masa?) nih, jadi cadangan bantalan karet headset (eartips) ini masih ada deh. Cuma gw jadi pikir-pikir sambil masang eartips yang baru, ternyata headset ini awet juga ya?

Bawaan LG G2

Headset bawaan LG G2 ini memiliki nama LG Quadbeat seri ke-2. Sejak gw unpackaged LG G2 gw pada bulan April 2014, berarti total headset ini sudah berumur 1 tahun, 9 bulan, 8 hari saat post ini diturunkan. Nggak tua sih, tapi di jaman semua benda dengan mudahnya rusak, headset ini jadi terkesan awet banget (haha).

Sebenernya ada dua hal yang mungkin aja bikin headset ini awet.


1. Jack L.
Jack dengan bentuk L ini sangat mungkin menjadi penyebab headset ini awet. Adapun dikutip dari kaskus sebagai berikut:
Naaahh, kalau jack yg letter L ini, biar usia kabel earphone agan bisa lebih panjang, alias ga cepet putus, pasti sering ngalamin kan mendadak earphone mati sebelah, atau suara yg keluar ga sepenuhnya? Penyakit earphone yg kaya gitu penyebabnya karena kabelnya ada yg putus di dalem, dan antara lain penyebabnya karena jack yg bentuk lurus.
Sebenernya teori ini juga sudah banyak dibahas di berbagai artikel tips merawat headset. Wew, I'm so lucky.

2. Kabel pipih/gepeng.
Salah satu teori yang juga muncul baru-baru ini adalah kabel gepeng/pipih lebih kuat dibandingkan kabel bulat. LG Quadbeat 2 hadir dengan kabel pipih sejak awal, menjadikan headset keluaran LG satu langkah lebih unggul dibanding yang lain. Tapi sebenernya nggak heran sih, karena LG G2 merupakan salah satu pionir handphone high-end LG yang dipush banget sama mereka.

Padahal buat soal ngerawat, gw nggak melakukan banyak effort buat ngelipet, membersihkan, atau menjaganya dari cairan. Alhamdulillah sih. Mungkin memang headsetnya aja yang di-built kuat. Memang cinta banget deh sama LG G2 dan semua bawaannya.

Tapi LG G2 gw masih rusak layarnya dan belom dibenerin nih... Padahal gw bergantung banget sama fitur kalender hape ini buat jadi sekretaris pribadi gw. Yaudahlah yang penting headsetnya jangan sampe rusak juga... Rasanya kayak kehilangan belahan jiwa kalau sampai mereka rusak :")

By the way, buat yang kepo sama spesifikasi dari LG Quadbeat 2 ini, nih gw kasih di bawah:

Earphone Type: IEM
Driver : Dynamic Unit
Maximum rated power : 20mW
Sensitivity : 97dB (at 3mW)
Frequency band: 20Hz ~ 20kHz
Impedance : 24 ohm
Jack : 3.5 mm
Buttons : 3 Key (calls, volume control)

Alhamdulillah sampai tulisan ini dipublish, ketiga tombolnya masih berfungsi dengan baik semua. Selain itu, nggak pernah ada problem suara mati sebelah. Katanya sih kalau beli lepasan dari LG G2 harganya juga lumayan terjangkau, tapi kurang tau juga sih. Pokoknya recommended deh headset ini. Semoga bermanfaat ya infonya :E

No comments:

Post a Comment