Monday, January 18, 2016

Pengalaman Berharga Tester NMax 150


Tersebutlah pada tanggal 11 Januari 2016 gw dateng ke Malang bersama Adek Haris untuk mencari kitab suci. Setelah perjalanan 16 jam naik kereta api Majapahit dari Jakarta, kita tiba di Malang jam 11 pagi (jadwal ini ngaret karena ada pengerjaan rel di Blitar yang memperlambat perjalanan) dan berhasil check-in di hostel nyaman yang murah dengan mulus.

Dan motor sewaan datang. Kebetulan, sewa menyewa motor ini diserahkan kepada Kakanda, jadi Kakanda punya andil besar untuk memilihkan motor mana yang cocok buat gw dan Dek Haris. Dan dengan epic-nya dia memilihkan kami Yamaha N Max.

Senengnya Dulu Deh
N Max yang kita dapatkan adalah  All New Yamaha NMAX atau lebih akrab disapa dengan NMax 150.


Ganteng banget ya?

Berikut adalah spesifikasi kegantengan NMax 150:

MESIN
Tipe Mesin: 4 Langkah, SOHC, berpendingin cairan
Kapasitas mesin: 155cc
Jumlah/Posisi silinder: Single cylinder
Diameter x langkah: 58 x 58.7 mm
Perbandingan kompresi: 10.5 : 1
Daya maksimum: 11.1 kW/8000 rpm
Tenaga maksimum: 14.4 Nm/6000 rpm
Sistem bahan bakar:  FI (Fuel Injection)
Sistem starter: Starter elektrik
Sistem pelumasan: Basah
Kapasitas oli mesin: Total – 1,00 L ; Berkala 0,90 L
Tipe kopling: Kering, Centrifugal Automatic
Tipe transmisi: V-Belt Automatic

DIMENSI
P x L x T: 1.955mm x 740mm x 1.115mm
Jarak sumbu roda: 1.350mm
Jarak terendah ke tanah: 135mm
Tinggi tempat duduk: 765mm
Berat isi: 127 kg
Kapasitas tangki bensin: 6.6 liter

RANGKA
Tipe Rangka: Underbone
Suspensi depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Unit swing
Ban depan: 110/70 – 13 M/C 48P
Ban belakang: 130/70 – 13 M/C 63P
Rem depan: Single disc brake (ABS)
Rem belakang: Single disc brake (ABS)

KELISTRIKAN
Sistem pengapian: TCI
Battery: YT27V
Tipe busi: NGK/CPR8EA-9

Merujuk sumber, si ganteng ini usut punya usut juga dibekali dengan fitur-fitur berkelas seperti rear disc brake, 4 valve, dan fuel digital speedometer yang dapat menunjukkan instant fuel consumption (real time) dan average fuel consumption (rata-rata). Hanya ada dua motor Yamaha Indonesia yang memiliki speedometer seperti itu yaitu di Yamaha R25 dan Yamaha NMAX (Gile bener?). Sementara untuk dapur pacunya, Yamaha NMAX dibekali dengan mesin berkapasitas 155 cc fuel injection, single cylinder, 4 Langkah, SOHC, berpendingin cairan yang mampu memuntahkan tenaga mencapai 11.1 kW pada 8000 rpm dengan torsi 14.4 Nm/6000 rpm.

Hasilnya? Beneran mantap. Kita bener-bener nggak mengalami kesulitan memacu motor menanjak menuju Kota Batu di kecepatan 60-90 Km/Jam sambil membawa bobot kita yang gentong (haha). Ketika motor lagi jalan, motor terasa ringan dan membuat kita dengan cepat terbiasa dengan bobotnya sehingga membuat keseimbangan jalannya motor menjadi lebih padu. Tempat mengisi bensin di depan juga memudahkan kita untuk mengisi bensin nggak pake turun-turun motor segala. Untuk kenyamanan berkendara, desainnya bener-bener bikin kaki pengendara nyaman, walaupun buat penumpang kurang sih karena pinggang Nmax ini gede, duduknya jadi ngangkang banget (haha lagi) tapi untuk keseluruhan perjalanan jauh, posisi duduk buat penumpang nyaman banget kok. Bagasi juga oke banget lah, koper juga masuk kayaknya (engga deng).

Benar-benar rasa kemewahan membawa moge, dengan kenyamanan motor matic karena tanpa kopling dan gigi, ya begini ini kali. Hahaha

Sekarang Bagian Keki-nya
Setelah kita makan di restoran masakan Jepang di daerah Mal Dieng (Sebut saja Saboten), motor tidak bisa distarter. Nah loh.
Adapun kondisi motor saat itu seperti ini:
1. Panel dashboard motor menyala
2. Bensin terisi dalam keadaan 2 strip (berarti kurang lebih 2 liter).
3. Lampu depan jauh dekat menyala.
4. Lampu belakang menyala dan rem menyala.
5. Sudah distarter dalam keadaan cagak motor naik (pastikan karena bila cagak motor turun, motor tidak akan terstarter).

Kondisi di atas menunjukkan aki enggak soak dan sumbu pembakaran Nmax kami tidak putus. Setelah melihat sekeliling motor-motor banyak yang distarter injak, kita menemukan kesimpulan bahwa si Ganteng kami KEDINGINAN (ya Allah... kelamaan jomblo kalik).

Dan fakta bikin panik saat itu adalah: Ternyata N Max tidak dibekali starter injak a.k.a selah alias kick starter. Ini motor matic? Beneran? Akhirnya kami ribet dalam waktu 1 jam ngutak-ngatik ga jelas sampai akhirnya bapak penyewa motor datang dan membantu kami melakukan pertolongan pertama si Ganteng kedinginan. Kurang lebih begini caranya:

1. Dirikan motor dalam keadaan cagak 2.
2. Turunkan motor dengan cepat, nyalakan, tunggu proses panel dashboard motor selesai dan langsung pencet tombol starter (electric starter).
3. Bila masih tidak mau menyala, tekan tombol reset di sebelah panel dashboard N Max.
4. Tidak perlu putar kunci menjadi off dan on lagi, langsung pencet tombol starter (electric starter) lagi segera setelah proses reset di panel dashboard motor selesai.

Dan tadaaa! Motornya menyala! HMMM... Cara ini kami google tidak ada, kami telepon orang-orang kok ya pada gak tau, benar-benar bikin pusing! Malah lebih parah, waktu di google ada seorang kaskuser yang bilang kalau N Max sudah tidak mau distarter ya sudah LEM BIRU-kan saja. Enak aja ini agan kaskuser, menyebar info yang bikin panik newbie N Max macam kita! Hehehe...

Pokoknya cara di atas terus diulangi sampai motor N Max-nya menyala. Insyaallah bisa dan sebenarnya harus bisa. Kalau sudah nyerah banget dan memang nggak nyala-nyala, berarti ya aki anda soak bro, atau sumbu anda putus (worst case scenario buat Nmax). Lambaikan tangan aja deh ke bengkel Yamaha terdekat.

Kemudian untuk bensin, sebenernya lumayan hemat sih. Tapi tidak ada perbandingan karena kita pakai untuk perjalanan jauh dan perjalanan di kota tidak terjebak kemacetan.

Oh iya, buat yang penasaran, ini nomor kontak penyewaan Nmax di Malang. Siapa tau ada yang minat! Bapak penyewanya baik banget lho dan care sama kita yang coepoe dan nyusahin ini... Sungguh recommended.
Twitter: @mlg_rentalmotor
BBM: 7919A57D (Pak Putut), 5A9AC406 (Pak Bimo)
Telp: 082234611707 (Pak Bimo)


By the way, gw mau nulis seo untuk mempermudah pencarian info bagi orang-orang yang bernasip sial kayak gw dan menggantungkan dirinya ke google. Nah sekian sharingnya. Semoga bermanfaat!

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

motor N Max, motor Nmax, Nmax tidak bisa distarter, cara starter Nmax, Nmax 150, All New Yamaha NMAX, mesin Nmax dingin, mesin Nmax mati, panduan Nmax, Nmax murah, sewa Nmax Malang, sewa motor Malang, sewa motor Malang murah, Starter Nmax, Kick Starter Nmax, dinamo starter, aki Nmax, nmax tidak bisa dinyalakan, yamaha, Nmax 250.

No comments:

Post a Comment